Fakultas Kedokteran ULM

Sosialisasi ProQuest Health and Medical Collection di FK ULM

HomeBeritaSosialisasi ProQuest Health and Medical Collection di FK ULM
Bapak Dwi Janto Suandaru menjelaskan tentang Health and Medical Collection

Banjarmasin – FK ULM menjadi fasilitator dalam zoom meeting untuk sosialisasi ProQuest Health and Medical Collection yang dipresentasikan oleh Bapak Dwi Janto Suandaru dari PT.Jasaraya Tama Jaya Buana, yang merupakan ekslusif distributor untuk salah satu produk yang dibawa oleh CV Blambangan yaitu ProQuest dan layanan yang sudah dilanggan oleh FK ULM saat ini adalah Health and Medical Collection. Kamis (14/7/22).

ProQuest adalah aggregates database yang mengumpulkan jurnal dari seluruh dunia dan di klasifikasikan per bidang ilmu. ProQuest adalah database e-journal, ebooks dan video akademik yang sudah ada sejak tahun 1932. Tidak hanya mengumpulkan jurnal dari seluruh dunia tetapi ProQuest juga mengumpulkan berbagai macam informasi, data, sumber daya termasuk karya-karya yang sudah lama, bahkan ProQuest ditunjuk menjadi satu-satunya provider yang mempublikasikan, menyimpan dan mendigitalisasi dari library of congress di Amerika. ProQuest ini dapat digunakan untuk akademik, perusahaan, pemerintahan, sekolah dan perpustakaan daerah. Kantor pusat ProQuest berlokasi di Ann Arbor di Amerika, selain itu ProQuest juga berlokasi di Cambridge, Amsterdam, Montain View, Boca Raton, dan Lousville. “Untuk di Indonesia kami menjadi agen tunggal untuk database ProQuest ini” ujar Pak Dwi

Saat ini ada 26.000 lebih dari 150 negara dengan perpustakaan yang menggunakan database ProQuest dan 98% dari 400 universitas terkenal mengandalkan ProQuest sebagai sumber referensi literasi informasi. Ada 130 juta lebih mahasiswa dan peneliti yang memiliki akses ke database ProQuest. ProQuest juga menampung 9000 lebih publisher dan content provider yang bekerjasama dengan ProQuest. “Kalau ada jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh FK ULM, kami juga membantu untuk bisa terindeks di database ProQuest” sambung Pak Dwi.

Kita mengetahui bahwa banyak sekali keanekaragaman di dunia ini. Keanekaragaman itu penting karena untuk menjaga keseimbangan suatu sistem, menyatukan berbagai macam sudut pandang dan kapabilitas yang tentunya membawa dampak positif bagi kelangsungan ekosistem. Begitu pula dengan keanekaragaman konten yang sangat penting untuk kelangsungan akademik. Konten adalah hal yang sangat penting untuk setiap riset dan penelitian. Keanekaragaman konten memastikan memadukan berbagai sumber informasi yang tersedia dari berbagai macam format, tipe, subjek, kedalaman dan keluasan suatu informasi. Keanekaragamen konten mendukung mahasiswa dan peneliti untuk menghasilkan karya ilmiah yang lebih bermutu karena dihasilkan dari berbagai macam sudut pandang, referensi dan data. Disinilah ProQuest menyediakan konten dari berbagai macam publisher, disatukan, dijadikan suatu bidang ilmu yang salah satunya dilanggan oleh FK ULM ini yaitu Health and Medical Collection.