Fakultas Kedokteran ULM

Pengumuman Hasil UKMPPD ULM Batch 3 2021

HomeBeritaPengumuman Hasil UKMPPD ULM Batch 3 2021

Program Studi Kedokteran Program Profesi FK ULM, Rabu (15/9) – Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) bekerjasama dengan beberapa instansi dan organisasi profesi, diantaranya Kementerian Kesehatan, Konsil Kedokteran Indonesia, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia. UKMPPD dilakukan dalam 2 tahapan, yaitu Computer Based Test (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Singkatnya, CBT merupakan tes kemampuan secara tertulis dan OSCE merupakan tes keterampilan mahasiswa dalam berhadapan langsung dengan pasien (praktik).

Ilustrasi uji kompetensi dokter

Sumber: https://beritakotamakassar.com/berita/2019/07/27/mahasiswa-program-profesi-kedokteran-gigi-uji-kompetensi-fkg-unhas/

Pelaksanaan uji kompetensi dilakukan secara nasional dan serentak sebanyak empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Sama seperti pelaksanaan sebelumnya, lokasi ujian CBT untuk mahasiswa ULM periode Agustus 2021 (batch 3) ini dilaksanakan di laboratorium komputer Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru  pada tanggal 21-22  Agustus 2021 Adapun peserta dari mahasiswa ULM untuk batch 3 ini adalah sebanyak 24 orang pendaftar CBT dan 24 orang pendaftar OSCE. Sebanyak 12 orang peserta merupakan first taker  yang telah melakukan persiapan dan tryout, dan terdapat 11 orang retaker yang 3 orang diantaranya merupakan retaker bimbingan khusus.

Adapun hasil uji kompetensi tersebut terdapat 12 dari 12 peserta (100%) first taker yang lulus ujian dan 3 dari 11 orang (27,27 %) retaker yang mendapatkan nilai diatas Nilai Batas Lulus (NBL) terbaru yaitu diatas 66 poin.

Selengkapnya, pengumuman hasil UKMPPD periode Agustus 2021 (batch 3) dapat dilihat pada link berikut

https://pnukmppd.kemdikbud.go.id/index.php/berita/1857-PENGUMUMAN-HASIL-UKMPPD-PERIODE-AGUSTUS-2021. (arn/ihy).

Pembuat artikel : Arniansyah, S.Kom

Program Studi Kedokteran Program Profesi

Editor : Ihya Hazairin Noor