Fakultas Kedokteran ULM

Pembukaan AMI FK ULM 2022

HomeBeritaPembukaan AMI FK ULM 2022
Peserta Pembukaan AMI FK ULM 2022

Banjarmasin – Unit Penjaminan Mutu Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengadakan pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) 2022 secara daring melalui zoom meeting dengan mengundang Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Ketua dan tim Unit Penjaminan Mutu serta seluruh Koordinator Program Studi di lingkungan FK ULM, Senin (18/7/22)

Audit Mutu Internal (AMI) adalah kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). AMI  merupakan penilaian yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara internal atas kebijakan dan prosedur yang dijalankan. Secara umum, audit adalah serangkaian kegiatan yang sistematis, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit (audit criteria) terpenuhi. AMI disebut juga first party audit karena dilakukan oleh internal perguruan tinggi terhadap operasi dan kontrol yang berbeda-beda dalam organisasi.

Kegiatan ini merupakan awal dari rencana pelaksanaan audit, monitoring dan evaluasi yang akan dilakukan secara serentak pada masing-masing prodi di FK ULM. Tujuan kegiatan ini adalah memberi penjelasan kepada para pihak yang terkait dengan audit, monitoring dan evaluasi tentang maksud, tujuan, mekanisme, jadwal rencana kegiatan dan mengarahkan bagaimana penggunaan sistem audit yang dilakukan berbasis website. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 18 Juli 2022 sampai tanggal 22 Juli 2022.

Pada saat pembukaan, dalam sambutannya Dekan FK ULM Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH mengatakan bahwa tujuan AMI yang pertama adalah memastikan sistem dari program-program yang sudah dibuat terimplementasi dengan baik. Yang kedua, dengan adanya AMI kita dapat melihat peluang untuk perbaikan dengan harapan nantinya dapat membantu mengembangkan program studi masing-masing. Yang ketiga, AMI juga digunakan untuk mengevaluasi efektivitas dari penerapan sistem yang telah dilakukan dan efektivitas dari pekerjaan yang telah dikerjakan. Semakin baik dan semakin efektif pekerjaan kita tentunya nanti akan tercermin dari hasil audit. Yang keempat, AMI juga bertujuan untuk memastikan apakah suatu sistem itu telah sesuai dengan regulasi/peraturan yang berlaku / standar-standar yang telah ditetapkan.

Beliau berterimakasih kepada UPM FK ULM dan para auditor yang telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. “Mudah-mudahan FK ULM dengan seluruh program studinya bisa maju dan berjaya” ujar beliau. Setelah memberikan sambutan, kemudian beliau secara resmi membuka AMI FK ULM 2022.

Acara kemudian dilanjutkan dengan breakout room untuk pelaksanaan AMI yang mana pada hari ini akan dilaksanakan pada Program Studi Ilmu Bedah. Untuk program studi lainnya sudah terjadwal mulai dari tanggal 18 Juli 2022 sampai tanggal 22 Juli 2022.

Audit Mutu Internal Program Studi Ilmu Bedah FK ULM

Jadwal Audit Mutu Internal UPM FK ULM 2022

No.

Tanggal

Pelaksanaan

Program Studi

Nama Auditor

1

Senin, 18 Juli

2022

PPDS Ilmu Bedah

  1. Prof. Dr. dr. H. Ari Yunanto, Sp.A(K), SH
  2. Sukma Noor Akbar, S.Psi, M.Psi

2



Selasa, 19 Juli

2022

PS Kesehatan Masyarakat

  1. Dhian Ririn Lestari, S. Kep.Ns, M. Kep
  2. dr. Widya Nursantari, M.Kes

3

PS Kedokteran Program

Sarjana

  1. Fakhriyah, S.ST., M.Kes
  2. Meydisa Utami Tanau. M.Psi., Psikolog

4

PS Pendidikan Profesi Dokter –

Program Profesi

  1. Prof. Dr. dr. H. Ari Yunanto, Sp.A(K), SH
  2. Sukma Noor Akbar, S.Psi, M.Psi

5


Rabu, 20 Juli

2022

PPDS Ilmu Kesehatan Anak

  1. dr. Farida Heriyani, MPH
  2. Dhian Ririn Lestari, S. Kep.Ns, M. Kep

6

PS Kesehatan Masyarakat

Program Magister

  1. Prof. Dr. dr. H. Ari Yunanto, Sp.A(K), SH
  2. Ratna Setyaningrum, SKM, M.Sc

7



Kamis, 21 Juli

2022

PPDS Ilmu Penyakit Dalam

  1. Sukma Noor Akbar, S.Psi, M.Psi
  2. Fakhriyah, S.ST., M.Kes

8

PPDS Obstetri dan Ginekologi

  1. Ratna Setyaningrum, SKM, M.Sc
  2. Meydisa Utami Tanau. M.Psi., Psikolog

9

PS Keperawatan Program

Sarjana dan Profesi

  1. dr. Farida Heriyani, MPH
  2. dr. Widya Nursantari, M.Kes

10



Jum’at, 22 Juli

2022

PPDS Pulmonologi

  1. Ratna Setyaningrum, SKM, M.Sc
  2. Fakhriyah, S.ST., M.Kes

11

PPDS Anestesiologi

  1. dr. Widya Nursantari, M.Kes
  2. Meydisa Utami Tanau. M.Psi., Psikolog

12

PS Psikologi

  1. Dhian Ririn Lestari, S. Kep.Ns, M. Kep
  2. dr. Farida Heriyani, MPH

Nama Penulis : Mirna Oktaria, S.Pd
Fakultas Kedokteran ULM
Nama Editor : Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.A