Fakultas Kedokteran ULM

PELEPASAN PESERTA KKN-PPM ULM 2023

HomeBeritaPELEPASAN PESERTA KKN-PPM ULM 2023

PELEPASAN PESERTA KKN-PPM 2023 oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Dr. Ir. Yusuf Azis, M.Sc., Ketua LPPM) ULM Prof Sunardi, S.Si, M.Sc, Ph.D, dan dekan beserta jajaran terkait., Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM. Hilman di Aula Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru (3/7/23)

Banjarbaru – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar kegiatan pelepasan mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2023 dengan mengambil tema “Peningkatan Life Quality melalui Health and Family Life”. Pelepasan ini dilakukan secara daring dan luring pada hari Senin (3/7/2023) di Aula Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru. Sebanyak 378 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan MIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Dr. Ir. Yusuf Azis, M.Sc.Hadir dalam kegiatan pelepasan ini, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ULM Prof Sunardi, S.Si, M.Sc, Ph.D, dan dekan beserta jajaran terkait. Termasuk hadir pula, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM. Hilman.

WhatsApp Image 2023-07-03 at 15.48.29
Sambutan Oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Dr. Ir. Yusuf Azis, M.Sc.

Wakil Rektor menjelaskan mahasiswa sebanyak itu nanti akan terjun di dua wilayah di Kabupaten Banjar yakni di Martapura Barat dan Kecamatan Mataraman. Beliau juga menambahkan pentingnya pelaksanaan KKN dan berharap semua peserta dapat menjaga dan menjalankan KKN nanti dengan baik. “KKN ini adalah KKN tematik. Ke depan di ULM, KKN ini akan menjadi wajib bagi semua fakultas dan masuk kurikulum wajib ditempuh oleh mahasiswa semuanya, ” ucap Wakil Rektor.

A group of men sitting at a table

Description automatically generated with medium confidence
Sambutan Oleh Ketua LPPM Prof. Sunardi, S.Si, M.Sc, Ph.D

Ketua LPPM Prof. Sunardi, S.Si, M.Sc, Ph.D, mengatakan, para mahasiswa ini wajib menempuh KKN PPM ini karena masuk mata kuliah wajib. “Karena masuk penilaian setara tiga Satuan Kredit Semester (SKS), maka Mahasiswa diwajibkan melakukan kegiatan selama 144 jam atau selama satu bulan,”ujarnya.

Prof. Sunardi lebih lanjut menjelaskan bahwa selama KKN, para mahasiswa akan melaksanakan beberapa kegiatan yaitu satu minggu pertama menganalisa situasi, kemudian dari hasil analisa tersebut akan dibuat program kerja secara kelompok. Kemudian belajar mencari solusi permasalah yang ada terjadi di masyarakat sekitarnya. Beliau berharap, melalui KKN ini mahasiswa bisa belajar hidup bermasyarakat dan bakal menjadi bekal mahasiswa bagaimana hidup di masyarakat secara nyata dan mengaplikasikan keilmuannya di lapangan.

A group of men sitting at a table

Description automatically generated with medium confidence
Sambutan Oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Banjar, HM Hilman

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Banjar, HM Hilman yang juga merupakan alumni Fakultas Teknik ULM, berterimakasih dan mengapresiasi atas kepercayaan ULM yang menerjunkan mahasiswa dari Kedokteran dan MIPA ke dua lokasi yakni di Martapura Barat dan Kecamatan Mataraman. “Kami berharap dengan adanya bantuan KKN Mahasiswa ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyrakat sesuai dengan tema KKN kali ini yaitu Peningkatan Life Quality melalui Health and Family Life. Mengingat di dua kecamatan itu perlu peningkatan hal kualitas hidup itu dan bisa sejahtera, ” ucap Beliau.

A group of people posing for a photo

Description automatically generated
Poto Bersama Koordinator Program Studi dan Para Dosen Psikologi FK ULM beserta Mahasiswa Peserta KKN dari Program Studi Psikologi FK ULM di Halaman Terbuka Hijau Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru
Poto Bersama Koordinator Program Studi dan Para Dosen Psikologi FK ULM beserta Mahasiswa Peserta KKN dari Program Studi Psikologi FK ULM, Camat dan Pembakal Martapura Barat di kantor Kecamatan Martapura Barat
Poto Bersama Koordinator Program Studi dan Para Dosen Psikologi FK ULM beserta Mahasiswa Peserta KKN dari Program Studi Psikologi FK ULM, dan Pembakal Desa Tangkas di kantor Kelurahan Desa Tangkas Kecamatan Martapura Barat

Penulis : Muhammad Fadhillah, S.E

Program Studi : Psikologi Fakultas Kedokteran ULM

Editor : Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.A

Tanggal Penulisan : 04 Juli 2023