Fakultas Kedokteran ULM

HIMA Psikologi Selenggarakan Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia

HomeBeritaHIMA Psikologi Selenggarakan Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia

Banjarbaru – Pada hari Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 09.00 dilaksanakan webinar untuk memperingati Hari Kesehatan Mental yang merupakan program kerja dari Divisi Kajian Isu, Aksi Strategis dan Advokasi HIMA Psikologi FK ULM secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Nama kegiatan ini adalah Hari Kesehatan Mental dengan tema “Ready to Run, With Mental Health as a Priority Well Being, Happiness and Freedom for All Good Changes”. Tema ini diambil dengan alasan menyesuaikan tema dalam rangka memperingati hari kesehatan mental internasional yaitu “Make Mental Health and Wellbeing for All a Global Priority”. Tema yang diambil tersebut menekankan bahwa kesehatan mental sangat penting untuk dijadikan prioritas agar tercipta kesejahteraan, kebahagiaan, dan kebebasan untuk semua orang sehingga akan membawa perubahan yang baik.

Kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Mental yang diselenggarakan oleh HIMA Psikologi FK ULM berkolaborasi dengan HIMPSI dan mata kuliah Psikologi Kesehatan Program Studi Psikologi FK ULM dengan beberapa rangkaian acara seperti webinar, upload twibbon, dan beberapa lomba. Lomba tersebut adalah lomba essay dan poster yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta lalu pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Alya Taufiqoh Murtadha Rahman selaku ketua pelaksana, selanjutnya sambutan dari Ahmad Fauzi selaku ketua HIMA Psikologi, sambutan oleh Raditya selaku Ketua BEM, dan sambutan terakhir yang disampaikan oleh Bapak Sukma Noor Akbar, M.Psi., Psikolog selaku Koordinator Program Studi Psikologi FK ULM sekaligus membuka acara dalam kegiatan Hari Kesehatan Mental 2022.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan kegiatan penyampaian materi. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Firman Ramdhani, M.Psi., Psikolog dengan judul “Avoid Toxic Productivity, Mental Health is Your Priority” yang membahas tentang kesehatan mental di era sekarang dimana kita dituntut untuk bisa cepat hingga tanpa disadari terjadi toxic productivity yaitu bekerja secara berlebihan tanpa mementingkan kesehatan mental yang hadir dalam hidup kita, lalu membahas faktor penyebab munculnya hal tersebut terjadi dan solusi untuk mengatasi toxic productivity. Setelah sesi penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi berikutnya adalah penyampaian materi kedua oleh Ibu A.A. I. Mira Pramitya, M.Psi., Psikolog dengan judul “Mengoreksi Stigma Kesehatan Mental Era Kini” yang membahas mengenai pentingnya stigma kesehatan mental di kalangan masyarakat era sekarang, ketimpangan dalam pengobatan gangguan mental karena akses yang terbatas yang membuat pengobatan mental di era sekarang ini menjadi sulit, adanya stigma dan faktor diskriminasi, serta kurangnya sumber daya manusia. Selain itu beliau juga membahas tentang bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk pemeliharaan kesehatan mental serta meminimalisirkan penyimpangan kesehatan mental yang ada pada isu-isu sekarang. Setelah sesi penyampaian materi, berikutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab dari kedua materi yang telah disampaikan, peserta webinar aktif dalam memberikan pertanyaan dan berdiskusi.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah rasa kepedulian, semangat dan mengkampanyekan pentingnya kesehatan mental di kehidupan di era sekarang, dimana semakin banyak isu-isu yang tidak diinginkan terjadi akibat mental seseorang yang kehilangan arah untuk terus berjuang. Selain itu juga diharapkan dapat menambah wawasan mengenai menjaga kesehatan mental dan mengajak mahasiswa serta masyarakat umum untuk menjadi produktif melalui kegiatan yang telah diselenggarakan, serta menumbuhkan kepedulian akan kesehatan mental untuk individu berkebutuhan khusus. (fad/dia).

Peserta kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Mental yang diselenggarakan oleh HIMA Psikologi FK ULM berkolaborasi dengan HIMPSI dan mata kuliah Psikologi Kesehatan.

Nama Penulis : Fadhil

Program Studi : Psikologi

Nama Editor : Noor DianiTanggal Penulisan : 12 Oktober 2022