Fakultas Kedokteran ULM

Asesmen Lapangan LAM-PTKes di PSKPS & PSPPDPP FK ULM

HomeBeritaAsesmen Lapangan LAM-PTKes di PSKPS & PSPPDPP FK ULM
9May

Banjarmasin – Setelah bulan Maret 2023 lalu Tim Akreditasi Program Studi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS) & Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi (PSPPDPP) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat melakukan submit dokumen akreditasi melalui laman LAM-PTKes (https://akreditasi.lamptkes.org/), selanjutnya dilaksanakan asesmen lapangan oleh Tim Asesor LAM-PTKes secara luring di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat pada hari Senin – Kamis, 1 – 4 Mei 2023.

Kegiatan Asesmen Lapangan ini dilakukan oleh 5 Asesor dari LAM-PTKes, yaitu Dr. dr. Djatnika Setiabudi dari Universitas Padjadjaran, Sp.A(K), Dr. dr. Lantip Rujito, M.Si.Med dari Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. dr. Dessy Rakhmawati Emril, Sp.N(K) dari Universitas Syiah Kuala, Dr. dr. Ibrahim, M.Sc, M.Pd.Ked, Sp. KKLP dari Universitas Batam, dan dr. Onny Setiani, Ph.D dari Universitas Diponegoro. Civitas Akademika PSKPS & PSPPDPP FK ULM, khususnya Tim Akreditasi PSKPS & PSPPDPP telah menyiapkan data-data yang dibutuhkan sekaligus menghadirkan beberapa stakeholder terkait, baik dari pihak ULM, mahasiswa, alumni, dosen serta mitra kerja sama. Asesmen Lapangan ini bertujuan untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan Program Studi sebagai penilaian kriteria akreditasi Program Studi.

Tim Asesor LAM-PTKes

ari pertama, Senin 1 Mei 2023 adalah kedatangan asesor ke Kota Banjarmasin. Pada hari pertama ini dilakukan pernyamaan persepsi antara asesor dan panitia Asesmen Lapangan mengenai jadwal rundown Asesmen Lapangan.

Hari kedua, Selasa 2 Mei 2023 dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan, LPM, UPM, Unit dan Departemen yang ada di lingkungan FK ULM, Stakeholder, Mahasiswa, Alumni, Dosen, Mitra Kerja Sama, tim penyusun Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS), tim penyusun Laporan Evaluasi Diri (LED), serta segenap Civitas Akademika PSKPS dan PSPPDPP FK ULM. Acara dimulai dengan Pembukaan, Sambutan dari Pak Rektor & Sambutan dari salah satu perwakilan dari Tim Asesor, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari Tim Asesor. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang disampaikan oleh Dekan FK ULM, Dr. dr. Istiana, M.Kes; dan presentasi dari Program Studi yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS), yang diikuti dengan Question and Answer (Q and A) dengan para asesor. Acara dilanjutkan dengan Q and A dengan Unit Penjaminan Mutu Fakultas, Program Studi dan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPM). Kemudian acara dilanjutkan dengan peninjauan sarana prasarana pembelajaran di lingkungan FK ULM oleh para asesor, kemudian wawancara dengan mahasiswa, dosen, alumni, pengguna lulusan di berbagai instansi serta tenaga kependidikan yang dilakukan secara paralel oleh asesor. Acara dilanjutkan dengan Q and A dengan Tim penyusun DKPS & tim penyusun LED akreditasi per kriteria.

Peninjauan Sarana Prasarana Program Studi oleh Asesor LAM-PTKes

Hari ketiga, Rabu 3 Mei 2023 adalah kegiatan peninjauan berbagai instansi yang dituju yaitu RSUD Ulin Banjarmasin, RSUD dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin, RSJ Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan, Puskesmas S. Parman Banjarmasin, dan Puskesmas Sungai Bilu Banjarmasin. Selanjutnya asesor memberikan arahan dan rekomendasi hasil verifikasi Asesmen Lapangan serta memberikan umpan balik dan penyerahan berita acara dari seluruh rangkaian kegiatan Asesmen Lapangan. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Asesmen Lapangan dan penutupan. Akhirnya, hari keempat, Kamis 4 Mei 2023 adalah hari kepulangan asesor ke  domisili masing-masing.

Dengan berakhirnya kegiatan Asesmen Lapangan LAM-PTKes ini semoga Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM Mendapatkan Akreditasi yang UNGGUL. Aamiin. (HF/NSS). 

Nama Penulis: Helmi Faniasa, S.Pd

Asal Program Studi: Kedokteran Program Sarjana

Nama Editor: dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan: 08 Mei 2023