Fakultas Kedokteran ULM

Delegasi Kesmas FK ULM dalam Munas AIPTKMI VIII

HomeBeritaDelegasi Kesmas FK ULM dalam Munas AIPTKMI VIII

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Rabu (23/11/2022) – Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) mengadakan Musyawarah Nasional ke VIII sesuai dengan amanah Anggaran Rumah Tangga (ART) Pasal 8 Ayat 1. Musyawarah Nasional yang merupakan forum musyawarah tertinggi antar anggota AIPTKMI se-Indonesia dihadiri oleh Dewan Pengawas, Pengurus, dan anggota AIPTKMI. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Pekanbaru tersebut berfokus pada upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan simposium. Serangkaian kegiatan terdiri dari Pra Munas (Senin-Sabtu, 3-21 November 2022) dan Munas (Selasa-Rabu, 22-23 November 2022). Pra Munas dilaksanakan secara daring dan luring dapat diikuti oleh seluruh anggota AIPTKMI. Terdapat berbagai pelatihan diantaranya mengenai Tableau, Open Data Collection, Systematic Review & Pendampingan Manuskrip, Analisis Data Kualitatif (Nvivo), Analisis Data Kuantitatif, dan lain lain. Munas atau Musyawarah Nasional terdiri dari berbagai panel session, award session hingga pemilihan ketua dan pengawas AIPTKMI untuk periode selanjutnya.

Foto Bersama Kegiatan Musyawarah Nasional AIPTKMI ke VIII

Musyawarah Nasional yang diadakan pada 22-23 November 2022 tersebut turut dihadiri 106 perguruan tinggi kesehatan seluruh Indonesia. Adapun Delegasi dari Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM dalam Musyawarah Nasional AIPTKMI ke VII ini diantaranya adalah Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM, Laily Khairiyati, SKM., MPH didampingi Sekretaris Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM, Vina Yulia Anhar, SKM., MPH, sedangkan Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK ULM dihadiri oleh Dr. Meitria Syahadatina Noor, dr, M.Kes. Kegiatan Musyawarah Nasional dibuka dengan penampilan tari pembuka dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia, pemberian sambutan, panel session dan award session. Selanjutnya, agenda utama dari kegiatan Musyawarah Nasional AIPTKMI ke VII, yaitu sidang organisasi yang mencakup pergantian periode kepengurusan dipimpin oleh Dr. Reno Renaldi, SKM. M.Kes (Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Hang Tuah Pekanbaru) sebagai pimpinan sidang.

Saat melakukan pemilihan ketua umum, Regional Barat yang terdiri dari Jakarta Banten, Regional Tengah 1, Regional Tengah 2, mengajukan Prof Asnawi Abdullah, SKM., MHSM., M.Sc., HPPF., DLSHTM., PhD. menjadi kandidat dalam pemilihan. Sedangkan Regional Timur mengajukan Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D menjadi kandidat dalam pemilihan. Namun, Prof Sukri menyatakan bahwa kepentingan asosiasi lebih penting dibandingkan hal apapun. Dengan berjiwa besar beliau memilih untuk tidak bersedia maju sebagai calon ketua AIPTKMI. Oleh karena itu, hanya terdapat satu kandidat pemilihan yang otomatis menjadi Ketua Umum AIPTKMI periode 2022-2025, yaitu Prof Asnawi Abdullah, SKM., MHSM., M.Sc., HPPF., DLSHTM., PhD.

Adapun pemilihan Dewan Pengawas dilakukan dengan cara yang sama dengan pemilihan ketua umum. Pengusul yang berasal dari Regional Tengah 2, Timur, dan Barat memilih Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D  dan Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si. Sedangkan dari Regional Tengah 1 dan DKI Jabar Banten memilih Dr. Irwan Budiono, M.Kes (Epid). Namun, demi menjaga keharmonisan dan kebersamaan keluarga besar kesmas di Indonesia Dr. Irwan Budiono, M.Kes (Epid). mengundurkan diri sebagai kandidat. Oleh karena itu, dihasilkan Dewan Pengawas terdiri dari dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, dan Prof. Ida Yustina. Selanjutnya, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. diamanatkan menjadi Ketua Dewan Pengawas periode 2022-2025.

Seluruh civitas akademika FK ULM, khususnya Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana dan Magister FK ULM mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua dan Dewan Pengawas Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia Periode 2022 – 2025. Semoga amanah dan sukses memimpin asosiasi institusi pendidikan kesmas untuk meningkatkan mutu lulusan di era transformasi kesehatan digital. (rin/ihy)

Nama Penulis        : Mahrisya Rindu Wahyuni

Program Studi        : Kesehatan Masyarakat

Nama Editor        : Ihya Hazairin Noor

Tanggal Penulisan    : 26 November 2022