Fakultas Kedokteran ULM

Mahasiswa Psikologi FK ULM Raih Wakil 1 Duta GenRe Kalsel 2022

HomeBeritaMahasiswa Psikologi FK ULM Raih Wakil 1 Duta GenRe Kalsel 2022

Text

Description automatically generated

Muhammad Fauzan Rizqullah, mahasiswa Program Studi Psikologi yang meraih prestasi di acara Duta GenRe 2022 Kalimantan Selatan (foto diambil dari instagram @psikologifkulm)

Banjarbaru – Muhammad Fauzan Rizqullah kembali mengharumkan nama Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat dengan mendapatkan prestasi di Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Fauzan, sapaan sehari-harinya, berhasil meraih Wakil 1 Duta GenRe Putra Kalimantan Selatan tahun 2022.

Ajang Apresiasi Duta GenRe Tahun 2022 ini dimulai dengan pendaftaran peserta dari 15 April – 09 Mei 2022 dengan jumlah pendaftar sebanyak 55 orang peserta dari berbagai tingkat pendidikan, dilanjutkan dengan Technical Meeting dan Virtual Test pada 28 Mei 2022. Tahap berikutnya dilakukan Seleksi Tahap 1 pada 4 Juni 2022 dan Tahap 2 pada 5 Juni 2022 hingga tersaring masing-masing 10 finalis putra serta 10 finalis putri. Acara tahap akhir yaitu Grand Final di 25 Juni 2022 bertempat di Ballroom Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Mahasiswa yang tengah menempuh Semester VII ini mengaku tidak menyangka berhasil meraih penghargaan ini. Tidak lupa Fauzan mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua serta seluruh pihak yang telah mendorong  dan meyakinkan dirinya, khususnya Dosen dari Prodi Psikologi FK ULM Rusdi Rusli, M.Psi, Psikolog dan Firdha Yuserina M.Psi, Psikolog, dukungan dari Pembina Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) FK ULM, Andini Octaviana Putri, SKM., M.Kes dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK ULM, Fauzie Rahman, SKM., MPH.

Ditempat terpisah, Pembina PIK-KR FK ULM, Andini Octaviana Putri, SKM., M.Kes mengaku sangat bangga atas raihan yang didapatkan oleh Fauzan. Tidak hanya itu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK ULM, Fauzie Rahman, SKM., MPH menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pembina serta 4 peserta dari FK ULM yang juga meraih penghargaan pada ajang yang sama, yaitu Melati Noormaulidya Putri, dari Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) FK ULM yang meraih Wakil 1 Duta GenRe Putri Kalsel 2022, Muhammad Syarif juga dari prodi yang sama, yaitu PSKM FK ULM dan meraih Wakil 2 Duta GenRe Putra Kalsel 2022 dan Rahmat Nur Fadhillah dari Program Studi Keperawatan Program Sarjana yang meraih Wakil 3 Duta Genre Putra Kalsel 2022.

Sebagaimana yang diketahui bersama, ajang Duta GenRe adalah akronim dari Duta Generasi Berencana, dimana ajang ini berada di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). BKKBN sebagai salah satu lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki tugas tentang kependudukan dan menyiapkan keluarga berkualitas mengadakan pemilihan Duta GenRe ini untuk remaja. Ajang ini selalu menjadi event favorit untuk diikuti oleh kalangan remaja Kalsel dan terpublikasi melalui akun instagram @genrekalsel_. Tahun 2022 ini, tema yang diangkat adalah “Youth Action is Transformation” memaknai bahwa generasi muda Indonesia diharapkan dapat membawa ide solutif yang dapat membawa perubahan dengan mengatasi permasalahan untuk kehidupan yang lebih baik. 

Dikutip dari Berita Banjarmasin.com, Kepala BKKBN Kalsel, Ir. H. Ramlan, MA mengungkapkan bahwa tugas utama dari duta genre ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat termasuk pencegahan terjadinya pernikahan usia dini yang bisa berdampak pada stunting.Duta Genre diminta bisa melakukan pendekatan dan edukasi kepada masyarakat baik melalui melalui medsos dan lainnya,” ungkapnya. Hadirnya Duta Genre ini kata Ramlan diharapkan mampu menurunkan angka stunting di Kalsel dan membantu pihaknya dalam menyiapkan keluarga berkualitas. “Kita harap Duta Genre Kalsel yang akan bertanding kembali ini bisa mengukir prestasi di tingkat nasional,” ujarnya.

Pelibatan remaja dalam kependudukan sangat tepat karena melihat banyaknya permasalahan pada kalangan remaja. Program Generasi Berencana (GenRe)  yang melibatkan remaja dapat dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. Remaja yang berencana diharapkan  mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir, menikah dalam usia yang matang serta memiliki perencanaan masa depan lainnya (fad/ihy).

Nama Penulis : Muhammad Fadhillah, SE

Asal Program Studi : Program Studi Psikologi FK ULM

Nama Editor : Ihya Hazairin Noor

Tanggal Penulisan : 27 Juni 2022