Fakultas Kedokteran ULM

Sosialisasi Audit Mutu Internal Unit Penjaminan Mutu FK ULM

HomeBeritaSosialisasi Audit Mutu Internal Unit Penjaminan Mutu FK ULM
Pengarahan pengisian instrument AMI oleh Ketua ICT FK ULM, dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked. Selasa (21/6/2022)

BanjarmasinUnit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengisian instrumen Audit Mutu Internal (AMI) berbasis website di ruang rapat senat lantai 6 FK ULM Banjarmasin, Selasa (21/6/2022). 

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH, ketua Unit Penjaminan Mutu Ibu Ratna Setyaningrum, SKM, M.Sc serta tim UPM FK ULM, unit ICT (Information & Communication Technology) selaku pengembang dan pemateri kegiatan, dan seluruh koordinator program studi di lingkungan FK ULM. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya peningkatan akreditasi dan juga kualitas UPM FK ULM. 

Dekan FK ULM Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak sekali transformasi yang menghantarkan FK ULM menjadi lebih maju terutama dalam hal penjaminan mutu dan ICT. Beliau berterimakasih atas kolaborasi  UPM dan ICT serta berharap FK ULM menjadi digital faculty karena dengan model inilah nantinya FK ULM akan bisa menjawab tantangan zaman yang semakin maju.

UPM FK ULM bertugas meningkatkan mutu akademik secara bertahap dan berkelanjutan melalui pengembangan sistem penjaminan mutu dan melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja fakultas, sehingga tercapai mutu akademik yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan. Tugas pokok UPM sesungguhnya adalah menyelaraskan antara apa yang menjadi standar mutu yang diharapkan dengan kenyataan implementasinya di lapangan. 

Sedangkan unit ICT merupakan unit yang mengelola dan mengembangkan semua sistem jaringan, perangkat lunak aplikasi, dan multimedia serta peralatan/fasilitas terkait Information & Communication Technology di lingkungan kampus FK ULM. Unit ICT ULM telah berhasil mengembangkan website untuk UPM yang didalamnya telah ditambahkan fitur untuk pengisian instrumen AMI. Dalam hal ini dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked selaku ketua unit ICT menjelaskan cara pengisian instrumen AMI pada website tersebut yang beralamat URL https://upm.fk.ulm.ac.id/ .

Aplikasi UPM ini adalah aplikasi yang memberikan informasi tentang unit penjaminan mutu FK ULM. Pada bagian awal aplikasi tersebut berisi tentang visi, misi, tugas pokok dan fungsi, sejarah singkat, kalender kerja serta galeri kegiatan UPM. Pada bagian profil UPM terdiri  dari SK UPM dan  SK pembentukan BPN (Badan Penjaminan Mutu) dan unit penjaminan mutu FK ULM. Pada fitur pusat tim mutu, terdapat dokumen SPMI, rencana kerja, capaian kerja, dan laporan  kinerja UPM. Selain itu terdapat juga fitur pusat akreditasi dan pusat monevin. Pada bagian pusat monevin inilah terdapat fitur mengenai AMI dan cara login dan mengisi instrumen.