Fakultas Kedokteran ULM

Rekomendasi Magang yang Tepat? Ikut Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Magang saja

HomeBeritaRekomendasi Magang yang Tepat? Ikut Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Magang saja
Peserta Kegiatan Sosialisasi Program Magang Kampus Merdeka yang dilaksanakan pada Hari Senin, Tanggal 13 Juni 2022 dan Penyerahan Sertifikat Oleh Prof. Dr. Hesty.,M.Si.IPU.,ASEAN.Eng

Banjarbaru – Program Studi Kesehatan Masyarakat pada Senin (13/6/2022) mengadakan kegiatan sosialisasi dan sharing session mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kuliah Besar IV lantai 3 gedung PSKM FK ULM yang menghadirkan narasumber yang sangat berpengalaman pada kancah magang dan studi independen, yaitu Prof. Dr. Hesty Heryani, M.Si., IPU., ASEAN Eng selaku PiC MSIB ULM. Selain itu terdapat salah satu alumnus Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Magang tahun lalu, yaitu Abdul Wahid, SKM., yang akan mengisi sesi sharing. Kegiatan ini dimoderatori oleh Hadrianti H. D. Lasari, SKM., MPH selaku PiC MBKM PSKM FK ULM.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat adalah sebuah program magang yang dipercepat dan diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik. Adapun Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka adalah sebuah pembelajaran pada kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri. Program ini menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam mengetahui dunia profesi dan menciptakan tenaga kerja yang profesional. Mahasiswa yang hendak lulus disediakan tempat untuk memasuki dunia kariernya, dimana diberikan program pengembangan soft skill oleh pusat karier.

Magang dan Studi independen akan mengurangi kesenjangan ketersediaan SDM antara permintaan industri dengan lulusan dari perguruan tinggi. Harapannya mahasiswa ULM dapat memanfaatkan peluang ini dengan mengikuti serangkaian pendaftaran dari kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Benefit yang didapat tentu lebih dari apa yang mahasiswa ekpektasikan. Selain pengalaman, mahasiswa akan mendapatkan relasi pertemanan yang sangat supportif bahkan relasi tingkat internal. “Maka dari itu, ayo adek-adek mahasiswa ikuti program ini sebagai kesempatan kalian mengasah dan meningkatkan skill yang kalian miliki”, tutur Prof Hesty dalam pemaparan materinya.

Prof Hesty juga memaparkan secara mendetail tentang apa itu program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, yaitu sebuah program yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester dengan pembelajaran langsung ditempat kerja mitra magang. Tentu saja berbeda dengan magang biasanya, program ini lebih berkualitas karena didampingi oleh mentor di lapangan, mentor tersebut betul-betul dedicated professional mentor yang sudah dipersiapkan perusahaan untuk mendampingi mahasiswa. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dan industri.