Fakultas Kedokteran ULM

PSKM FK ULM Laksanakan Pilmapres

HomeBeritaPSKM FK ULM Laksanakan Pilmapres

Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM, Banjarbaru (14/09/2021) – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran (PSKM FK) ULM pada Sabtu (11/09/2021) telah melaksanakan kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat program studi secara online menggunakan media Converence Zoom Meeting. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat program studi merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dari Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat fakultas, universitas dan nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelaksanaan Kegiatan Pilmapres PSKM FK ULM

Mengusung tujuan kegiatan yaitu memilih dan memberikan penghargaan kepada Mahasiswa PSKM FK ULM yang meraih prestasi tinggi, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana mensinergikan hard skills dan soft skills yang dimiliki oleh mahasiswa serta mendorong program studi, fakultas dan perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

Pelaksanaan Pilmapres Tingkat PSKM FK ULM diselenggarakan dengan dua jalur pendaftaran, yaitu jalur yang pertama adalah mahasiswa yang memiliki keinginan dan potensi sebagai mahasiswa berprestasi mendaftarkan diri dan melengkapi berkas persyaratan dan jalur kedua adalah mahasiswa yang akan diseleksi dan ditetapkan oleh program studi berdasarkan berbagai aspek secara akademis dan pertimbangan keunggulan secara organisasi dan capaian unggulan lainnya, serta melengkapi berkas persyaratan. Selanjutnya setelah melewati proses pendaftaran mahasiswa yang mendaftar harus melengkapi persyaratan dan melakukan bimbingan dengan Pembimbing Gagasan Kreatif (PGK) untuk seleksi tingkat PSKM. Selanjutnya peserta akan melewati rangkaian penjurian Gagasan Kreatif yang dilakukan oleh tim juri, yaitu Fahrini Yulidasari, S.K.M., M.P.H., Nur Laily, S.K.M., M.Kes., Noor Ahda Fadillah, S.K.M., M.Kes. (Epid), dan Hadrianti H.D. Lasari, S.K.M., M.P.H. Sedangkan penjurian Prestasi/Organisasi/Karya Unggulan dilakukan oleh tim juri, yaitu Fakhriyah, S.Si.T., M.KM., Dian Rosadi, S.K.M., M.P.H., Ayu Riana Sari, S.K.M., M.Kes, dan Andini Octaviana Putri, S.K.M., M. Kes., serta penjurian kecakapan berbahasa Inggris dilakukan oleh tim juri, yaitu Agung Waskito, S.T., M.T., Vina Yulia Anhar, S.K.M., M.P.H., Mufatihatul Aziza Nisa, S.K.M., M.KKK, dan Muhammad Irwan Setiawan, S.Gz., M.Gz.

Presentasi gagasan kreatif oleh peserta Pilmapres PSKM FK ULM

Adapun peserta yang mengikuti tahap penjurian diikuti oleh 12 orang, yaitu terdiri dari angkatan 2019 dan 2020. Peserta dari angkatan 2019 Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan diwakili oleh Bella Cornelia Anggut, Wetha Exavarani Susanto Siti Karimah Amalia, Riana, dan Zaliha. Peserta dari angkatan 2019 Peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja diwakili oleh Chairul Ramadhan. Peserta dari angkatan 2019 Peminatan Epidemiologi diwakili oleh Ahmad Fadillah dan Muhammad Azmiyannoor. Serta Peserta dari angkatan 2020 diwakili oleh Pramesty Reggia Kusumawardhaeny, Ghina Aristawidya Sedar, Dewi Firani dan Luthfi Hana.

Saya merasa terhormat menjadi salah satu bagian dari ajang bergengsi seperti Pilmapres Tingkat PSKM tahun ini. Bagi saya, Pilmapres merupakan proses untuk selalu berprestasi, apalagi saya merupakan salah satu peserta jalur kedua yang diseleksi dan ditetapkan oleh program studi, menjadi kebanggan bagi saya dan menjadi amunisi semangat untuk melakukan yang terbaik secara maksimal hingga akhir, karena ini adalah tahun pertama bagi saya sendiri mengikuti Pilmapres”, ujar Chairul Ramadhan yang membeberkan segelintir fakta atas bangganya dirinya menjadi bagian dari Pilmapres tingkat program studi tahun ini. “Harapannya siapapun yang menjadi mahasiswa berprestasi terbaik untuk mewakili PSKM ke tingkat fakultas, semoga dapat terus menerus melaju sampai ke kancah nasional dan dapat mengharumkan nama PSKM FK ULM”, tambahnya lagi.

Kesan saya pada Pilmapres ini adalah suatu kesempatan yang luar biasa bagi saya dapat mengikuti Pilmapres untuk kedua kalinya. Semoga semua peserta dapat mengambil dampak positif dari kegiatan ini baik nanti yang terpilih menjadi perwakilan program studi ke Pilmapres tingkat fakultas maupun tidak. Bagi yang dipercaya mewakili PSKM pada Pilmapres tahap selanjutnya, semoga bisa memberikan yang terbaik”, tutur Muhammad Azmiyannoor, salah satu peserta Pilmapres yang sudah mengikuti kegiatan ini selama 2 tahun terakhir. “Harapannya, lebih banyak mahasiswa yang berminat mengikuti Pilmapres sehingga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan skill dan motivasi berprestasi serta kemampuan dalam bepikiri kreatif”, ujarnya lagi.

Selain dari mahasiswa PSKM angkatan 2019, Pilmapres tingkat PSKM ini turut diikuti oleh angkatan 2020, salah satunya mahasiswi yang turut aktif mengikuti segala rangkaian Pilmpares tingkat program studi tahun ini, yaitu Dewi Firani. “Kesan bagi saya sendiri turut merasa bangga karena dapat terlibat dalam ajang Pilmapres ini, karena saya dapat berkumpul dengan rekan-rekan yang hebat dan tentunya luar biasa. Semoga hasil yang didapatkan nanti dapat menjadi hasil yang terbaik untuk kami semua”, ucap Dewi Firani, mahasiswi tahun kedua di PSKM FK ULM. Setelah tahap penjurian, akan dilakukan penilaian terhadap dokumen administrasi, presentasi, penulisan naskah gagasan kreatif, capaian unggulan, dan kecakapan berbahasa Inggris dalam kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2022 Tingkat PSKM Fakultas Kedokteran ULM dan akan ditetapkan 2 peringkat terbaik yang selanjutnya mengikuti pembimbingan secara intensif untuk persiapan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2022 tingkat Fakultas Kedokteran ULM (rin/ihy).

Pembuat Artikel : Mahrisya Rindu Wahyuni, Amd.KG

Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM

Editor : Ihya Hazairin Noor