Fakultas Kedokteran ULM

PELATIHAN PRECEPTORSHIP PROGRAM PROFESI NERS ULM

HomeBeritaPELATIHAN PRECEPTORSHIP PROGRAM PROFESI NERS ULM
9Aug

Program Studi Keperawatan Program Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat pada 3-4 Agustus 2022 Pelatihan Preceptorship Guna Tingkatkan Kualitas Lulusan Program Profesi Ners Keperawatan ULM

Banjarbaru – Pelatihan Preceptorship bagi Pembimbing Klinik dan Dosen Program Studi Keperawatan Program Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Lambung telah diadakan secara luring bertempat di Ruang Kuliah Besar (RKB) Gedung Program Studi Keperawatan Banjarbaru pada tanggal 3-4 Agustus 2022.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Ns. Agianto, S.Kep., MNS., Ph.D. selaku Koordinator Program Studi Keperawatan ULM dalama sambutannya beliau menyampaikan harapan agar pelatihan untuk Pembimbing Klinik dan Tenaga Pendidik (Dosen) di Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran ULM dapat membantu clinical instructur keperawatan dalam melaksanakan tugasnya dalam membimbing mahasiswa keperawatan pada tahapan profesi dan Meningkatkan kompetensi clinical instructur. Dalam kegiatan menghadirkan Moh Afandi, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D. (c) sebagai Narasumber dari ACT Center. Pelatihan kali ini mengusung tema “Preceptorship-Mentor Model Approach” dengan materi Asuhan Kesehatan/Standar Profesi, KPT: KBK & KKNI, Manajemen Pendidikan Klinik era 4.0, Pembelajaran Klinik: Preceptorship Model & Strategi Mengajar di Klinik, dan Metode Pembimbingan Klinik (Bed Side Teaching, One Minute Preceptorship Model, dsb.) pada hari pertama. Dilanjutkan dengan roleplay tujuh metode pembimbingan klinik yang dilakukan oleh peserta secara berkelompok pada hari kedua.

Penyampaian Materi oleh Moh Afandi, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D. (c) selaku Narasumber

Dengan total peserta 40 orang preceptor yang berasal dari rumah sakit, puskesmas dan dinas sosial, besar harapan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas bimbingan kepada mahasiswa keperawatan ULM agar mampu menghasilkan tenaga keperawatan yang mempunyai kemampuan intelektual, serta hard skill dan soft skill yang dapat meningkatkan mutu pelayanan.

Pelaksanaan Role Play (Bed Side Teaching)

Perkembangan keterampilan perawat sebagai sebuah profesi dibutuhkan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan. Perawat sebagai tenaga kesehatan tidak terlepas dari tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan pengarahan pendidikan dan pengembangan keperawatan untuk menghasilkan tenaga perawat yang memiliki pemahaman ilmu mendalam, menguasai metode ilmiah, serta menerapkannya dalam asuhan keperawatan pada klien, baik sebagai individu, keluarga, dan kelompok masyarakat.

Seiring dengan perkembangan di atas, kurikulum pendidikan turut mengalami pergeseran orientasi berbasis pada kompetensi yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa keperawatan melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran. Perubahan kurikulum pendidikan keperawatan yang lebih berorientasi pada kompetensi tentu memberikan implikasi pada berbagai perubahan, termasuk pada kesiapan tenaga pembimbing klinik dalam memberikan bimbingan agar mencapai kompetensi yang diinginkan. Pada kondisi ini, peranan clinical instructor sangat penting dalam setiap tahapan praktik peserta didik di tatanan klinik atau lapangan yang nyata. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Program Studi Keperawatan FK ULM menyelenggarakan Pelatihan Preceptorship Keperawatan untuk membantu clinical instructor keperawatan dalam melaksanakan tugasnya dalam membimbing mahasiswa keperawatan pada tahapan profesi.(Ahd/Raa)